Rabu, 07 Januari 2009

KISAH TENTANG CINTA (Part I)


Zam … , Zam … , Izaaaam……
Tiba – tiba ada yang memanggil Izam. Dia pun menoleh bersama dengan seluruh badannya berbalik arah. Ternyata sahabat karibnya Izam, Shafwan.
Izam :
Ada apa Wan ?
Shafwan :
Begini nih, gue pengen share nih ama loe.
Izam :
Boleh, thayyib kita ngomongnya di teras masjid aja ya.
(Kebetulan saat itu, Izam hendak ke masjid menunggu datangnya waktu Ashar dan dilihat oleh Shafwan dari kejauhan)
Shafwan :
Okeh.
Izam :
Fadhal, ente ngomong deh.
Shafwan :
Loe jangan ketawa ya.
Izam :
Iya, emang kenapa ?
Shafwan :
Gua lagi demen ama cewe, Zam.
Izam :
Siapa ? Nyokap ente ?
Shafwan :
Ah… , becanda aje loe Zam. Gue serius nih.
Izam :
Ama siapa emangnya ?
Shafwan :
Tar dulu Zam, sabar. Kayaknya malah elo yang ngebet.
Izam :
Bukannya gitu, abiz tadi gue bilang loe demen ama nyokap loe, salah.
Shafwan :
Makannya loe dengerin dulu aja, tar gue kasih kode buat komen deh.
Izam :
Oke deh, ente cerita. Buruan mau Ashar.
Shafwan :
Gue demen ama cewe, tapi yang pengen gue omongin bukan soal cewenye. Gue pengen share sama loe tips buat dapetin cewe. Mulai dari pede kate sampe jadian gitu.
Izam :
Waduh… , loe nyindir nih. Gimana ya ?
Tiba – tiba ada yang datang . . .
Ustadz Fadhil :
Assalamu’alaikum.

Shafwan :
Wa’alaikumussalam.

Izam :
Wa’alaikumussalam warahmatullah. Eh, Ustadz Fadhil.
Ustadz Fadhil :
Ade ape nih, serius banget. Kirain lagi tilawah Qur’an nungguin Ashar. 10 menit lagikan adzan. Jadwal ente jadi muadzin sekarang Zam.
Shafwan :
Pantes… , rajin amat dateng sebelum waktu sholat masuk. Piket neeh ?

Izam :
Ssstt … , berisik ente Wan. Tar ga’ ane respon nih problem ente.

Ustadz Fadhil :
Problem apaan ? Ane boleh tahu ngga’ ?

Izam :
Tahu tuh Tadz, Tanya aje ama Shafwan.

Shafwan :
Ente aje deh Zam yang cerita, ane malu nih.
(mendadak Shafwan ngerubah redaksi sapaan jadi ane-ente, ada Ustadz Fadhil kali)
Izam :
Gini Ustadz, ceritanya Shafwan lagi demen sama seorang akhawat (perempuan). Truz pengen tahu gimana cara ngedapetinnya, mulai dari PD KT sampai jadian.
Ustadz Fadhil :
Oh gitu . . . , itu sih fitrah Wan.

Shafwan :
Maksudnya Ustadz ?

Izam :
(dalam hati = serius amat nih anak)
Ustadz Fadhil :
Begini deh. Sekarang kebetulan ane bawa pulpen. Anggap nih pulpen ane adalah pulpen termahal, terbagus dan ngga’ sembarangan orang punya.
Shafwan :
Terus Tadz ?
Ustadz Fadhil :
Ya, ceritanye ente tertarik nih ama pulpen ane, ente pengeeen banget nih ama tuh pulpen. Dan inget, ente tuh belum kenal ama ane yang punya pulpen ini. Sekarang ane mau Tanya ama ente, gimana caranya ente bisa dapetin nih pulpen ? Mungkin ngga’ sih ente langsung minta/ngambil dari ane, padahal status ente belum kenal sama ane ?
Shafwan :
Yang jelas ngga’ mungkin ane langsung minta/ngambil dari antum, Siape ane ?

Ustadz Fadhil :
Terus apa yang ente lakuin ?
Shafwan :
Pertama, ya ane kenalan dulu sama antum Tadz. Kedua, ane jalin hubungan pertemanan yang baik. Ketiga, ane sama antum sudah memasuki babak persahabatan. Masa ini adalah masa di mana kita saling terbuka, tahu sisi baik dan buruk, keinginan masing-masing. Pada tahapan inilah ane akan memancing sisi kepekaan antum sebagai sahabat ane terkait kesukaan dan ketertarikan ane. Biasanya atas nama persahabatan sesuatu yang kita punya bisa dikorbankan untuk sahabat kita.
Ustadz Fadhil :
Mumtaz, tepat akhi. Itulah jawaban ane untuk masalah antum.

Shafwan :
Bisa dijelasin Tadz ? Coz ane belum bisa korelasiin tuh.
Ustadz Fadhil :
Tadi di awal ane bilang, hal yang antum alamin adalah fitrah. Wajar seorang laki-laki suka dengan perempuan, itu yang ane maksud fitrah. Terus permasalahannya sekarang adalah bagaimana kita memposisikan kondisi tersebut pada fitrah yang esensi, yang hakiki. Islam telah memberikan SOP (Standard Operational Procedure)/ prosedurnya.
Dalam masalah yang ente alamin ane coba analogikan pada sebuah pulpen. Pulpen itu ane analogikan pada akhawat yang ente suka. Inget, pemilik tuh akhawat untuk konteks yang sebenarnya berartikan ALLAH. Terus ane setuju dengan jawaban ente tadi, yaitu ente harus ma’rifah dulu sama ALLAH, kenal dengan ALLAH (Ma’rifatullah) Rabb yang ciptain tuh akhawat sama ente juga. Terus ente jalin hubungan yang baik dengan ALLAH, ibadah yang bener (Hablumminallah + Hablumminannas). Sebelum ente berdoa terkait apa keinginan ente, Dia udah tahu isi hati ente. Dan ALLAH pasti akan memberikan yang terbaik buat ente, apalagi ternyata ente termasuk dalam kategori hamba-Nya yang dicintai-Nya. Logis kan, sekiranya itu jawaban sederhananya.
Shafwan :
Subhanallah, Syukron jazilan Tadz atas penjelasannya. Btw, kok jawaban sederhana. Maksudnya ?
Ustadz Fadhil :
Masalah cinta ada kajiannya khusus akhi ! Nanti, InsyaAllah ba’da Ashar. Dah masuk tuh. Zam mulai adzan gih.
Izam :
Thayyib tadz.
(Dan akhirnya mereka; Ustadz Fadhil, Izam & Shafwan mempending diskusi dengan sholat Ashar berjama’ah)

TO BE CONTINUED . . . . . . . . . . . .


Maraji’ : Izam Inspirations, Vol 4

Digg Google Bookmarks reddit Mixx StumbleUpon Technorati Yahoo! Buzz DesignFloat Delicious BlinkList Furl

Tidak ada komentar: